Oleh karenanya, marketing skill
atau kemampuan dalam bidang pemasaran harus dimiliki oleh setiap
pelaku UKM. Lalu, kira-kira kemampuan apa saja yang mereka butuhkan?
Berikut ini adalah beberapa keahlian khusus yang perlu diasah para pelaku UKM, agar pemasaran bisnisnya semakin bersinar terang.
1. Ciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen
Ketika Anda telah membidik target konsumen, maka selanjutnya berikan umpan menarik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya saja Anda membidik kalangan ibu rumah tangga sebagai sasaran pasar Anda, maka kebutuhan yang paling banyak mereka cari adalah barang-barang pokok sehari-hari yang dijual dengan harga cukup bersaing, atau menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik minat konsumen. Ingat, kuncinya adalah berikan solusi tepat bagi permasalahan yang mereka hadapi.
Ketika Anda telah membidik target konsumen, maka selanjutnya berikan umpan menarik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya saja Anda membidik kalangan ibu rumah tangga sebagai sasaran pasar Anda, maka kebutuhan yang paling banyak mereka cari adalah barang-barang pokok sehari-hari yang dijual dengan harga cukup bersaing, atau menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik minat konsumen. Ingat, kuncinya adalah berikan solusi tepat bagi permasalahan yang mereka hadapi.
2. Perkuat komunikasi guna membangun loyalitas konsumen

Keahlian di bidang komunikasi tentunya
sangat dibutuhkan seorang pelaku pasar. Melalui hubungan komunikasi
yang baik, tidak menutup kemungkinan bila kedekatan Anda dengan
konsumen bisa bertahan hingga waktu yang relatif cukup lama. Sehingga
merekapun tidak segan-segan untuk semakin loyal dengan produk-produk
yang Anda tawarkan. Contoh sederhana dari poin ini bisa dilihat
langsung ketika Anda berbelanja kebutuhan sehari-hari, tentunya Anda
akan memilih sebuah warung atau toko yang pelayanannya baik, dan
penjualnya relatif ramah. Ketika komunikasi terjalin dengan baik, maka
para konsumen pun tidak ragu-ragu untuk menjadi pelanggan setia Anda.
3. Tuntaskan penawaran dengan menjadi seorang ahli
Untuk meyakinkan calon konsumen dan menuntaskan pemasaran dengan baik, berusahalah untuk menjadi seseorang yang ahli dibidang tertentu sebelum akhirnya Anda menjual produk atau jasa kepada calon konsumen. Misalnya saja seperti keahliah para pelaku bisnis bengkel motor yang diperoleh dari bekal pengetahuan dan pengalamannya di bidang otomotif dalam waktu yang cukup lama, ternyata memberikan nilai positif di mata para calon konsumen, sehingga pada akhirnya mereka tidak segan-segan untuk mempercayakan permasalahan kerusakan motornya kepada bengkel tersebut.
Untuk meyakinkan calon konsumen dan menuntaskan pemasaran dengan baik, berusahalah untuk menjadi seseorang yang ahli dibidang tertentu sebelum akhirnya Anda menjual produk atau jasa kepada calon konsumen. Misalnya saja seperti keahliah para pelaku bisnis bengkel motor yang diperoleh dari bekal pengetahuan dan pengalamannya di bidang otomotif dalam waktu yang cukup lama, ternyata memberikan nilai positif di mata para calon konsumen, sehingga pada akhirnya mereka tidak segan-segan untuk mempercayakan permasalahan kerusakan motornya kepada bengkel tersebut.
Semoga sedikit informasi mengenai marketing skill yang dibutuhkan pelaku UKM
ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula
untuk meningkatkan omset penjualannya. Maju terus UKM Indonesia dan
salam sukses.
sumber : http://bisnisukm.com/marketing-skill-yang-dibutuhkan-pelaku-ukm.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar